Pengertian & Sejarah Komputer


A. Pengertian Komputer
Siapa yang tidak kenal dengan komputer? Suatu perangkat canggih yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengetik, mendengarkan musik, nonton film, berinternet, mendesain, mengedit foto dan video, main game, dan sebagainya.
Bagi sebagian orang, komputer sudah menjadi kebutuhan pokok dan tidak terpisahkan dari pekerjaan. Berbagai bidang pekerjaan membutuhkan komputer, seperti perkantoran, desain grafts, animasi film, analis data, dan sebagainya. Lalu, apakah definisi komputer itu sendiri?
Banyak ahli yang mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun pads intinya, komputer adalah rangkaian elektronik yang berfungsi menerima input, memproses input, menyimpan hasil pemrosesan, dan menghasilkan output atau informasi.
Secara umum, cars kerja komputer digambarkan sebagai berikut.

untitled

Untuk dapat mengolah data dan menghasilkan suatu informasi, diperlukan sistem komputer yang elemennya terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware). Ketiga elemen ini harus Baling berhubungan dan membentuk kesatuan.
1.    Hardware adalah bagian komputer yang berwujud fisik, dapat dilihat dan dipegang. Contohnya mouse, keyboard, CPU (central processing unit), motherboard, monitor, dan lain-lain.
2.    Software adalah bagian komputer yang tidak ada wujud fisiknya clan tidak dapat dipegang. Kita hanya bisa memegang alat penyimpannya, misal CD/DVD, harddisk, flashdisk, dan sebagainya. Contoh software adalah sistem operasi Windows, Microsoft Office, CorelDRAW, Winamp, dan lain-lain.
3.    Brainware adalah orang yang mengoperasikan komputer.

B. Penggolongan Komputer
Komputer dapat cligolongkan berdasarkan data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya.
1. Berdasarkan data yang diolah
a.    Komputer analog
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu keaclaan.
b.    Komputer digital
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari komputer digital biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu.
Kelebihan komputer digital dibandingkan dengan komputer analog adalah: Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog. Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya.
–    Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.
–    Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik, maupun gambar.
Contoh jenis komputer ini adalah komputer desktop, kalkulator, mesin ATM, dan sebagainya.
c.    Komputer hibrid
Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Komputer hibrid jugs bisa dikatakan sebagai gabungan dari komputer analog dan digital.

2. Berdasarkan penggunaannya
a.    Komputer untuk tujuan khusus (special purpose computer)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya berupa satu masalah saja. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog. Contohnya, komputer yang digunakan untuk kasir.pada supermarket.
b.    Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dengan menggunakan program yang bermacam-macam pula. Contohnya, komputer personal (PC) yang biasa kits gunakan.
3. Berdasarkan kapasitas dan ukurannya
a.    Komputer mikro (micro computer)
Komputer mikro disebut juga komputer personal (personal computer). Komputer mikro umumnya digunakan untuk pemakai tunggal (single-user).
b.    Komputer mini (mini computer)
Komputer mini dapat digunakan untuk banyak pemakai (multi-user). Hal ini memungkinkan karena sebuah komputer mini mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai.
c.    Komputer kecil (small computer)
Saat ini komputer kecil banyak menggunakan sistem multi-programing, multiprocessing, clan virtual storage, Berta multi-user dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan bush.
d.    Komputer menengah (medium computer)
Komputer menengah dapat mempunyai bermacam-macam alat input atau output. Biasanya komputer ini digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah Bari pusat komputernya.
e.    Komputer besar (large computer)
Komputer besar disebut juga mainframe computer karena bentuk fisiknya besar seperti lemari. Komputer jenis ini digunakan pads perusahaan besar yang mempunyai ratusan kantor cabang, di mans tiap-tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya.
f.    Komputer super (super computer)
Komputer super disebut juga parallel processor, merupakan komputer mainframe yang mempunyai banyak prosesor yang dipasang secara paralel.
untitled2
4. Berdasarkan generasinya

a.    Komputer generasi pertama (1946-1959)

Tahun 1946 merupakan awal dari komputer generasi pertama. Ditandai dengan ditemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. Ciri dari komputer generasi pertama adalah menggunakan tabung hampa udara. Komputer elektronik yang pertama di dunia adalah ENIAC. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton.

untitled3~1

Tabung hampa udara    Komputer generasi pertama ENIAC

b.    Komputer generasi kedua (1959-1964)
Komputer generasi kedua ditandai dengan digunakannya transistor menggantikan tabung hampa udara. Komputer generasi ini dapat melakukan pekerjaan sepuluh kali lebih cepat dari pendahulunya.
Contoh komputer generasi kedua lainnya, antara lain NCR Serie 304, MARK IV, UNIVAC III, UNIVAC SS80, 5590, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

untitled4
Rangkaian transistor    Komputer generasi kedua IBM 7070

c.    Komputer generasi ketiga (1964-1970)
Ciri komputer generasi ketiga adalah digunakannya IC (integrated circuit). Komputer-komputer ini dapat melakukan sejuta perhitungan per detik atau 1.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
Komputer pertama yang diperkenalkan pada tahun 1964 dan menggunakan IC adalah IBM S-360.

untitled5

IC (integrated circuit)    Komputer generasi ketiga IBM S-360

d.    Komputer generasi keempat (1970–sekarang)
Ciri komputer generasi keempat adalah digunakannya mikroprosesor, yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah chip. Mikroprosesor merupakan awal kelahiran komputer personal.

untitled6

Mikroprosesor buatan AMD

Pada tahun 1971, Intel Corp mengembangkan mikroprosesor pertama Chip Intel 4004. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan komputer personal (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah yang menggunakan sistem operasi MS-DOS.

untitled7         untitled7~1

Mikroprosesor pertama buatan Intel                Komputer generasi keduo IBM S-350

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s